Tujuan Pembelajaran Menyimak di Sekolah Dasar

Uraian berikut memaparkan tentang  tujuan menyimak secara umum dan tujuan pembelajaran menyimak di SD.

Tujuan menyimak

Sebagaimana telah diuraikan sebelumnya bahwa menyimak memiliki tujuan. Pemahaman yang dilakukan penyimak meliputi dua aspek, yaitu (1) pemahaman pesan dan tanggapan pembicara, (2) tanggapan penyimak terhadap pesan sesuai dengan kehendak pembicara.


Berdasarkan aspek tersebut tujuan menyimak dapat diperinci lebih jauh , antara lain (a) menyimak untuk mendapatkan fakta, (b) menyimak untuk menganalisis fakta, (c) menyimak untuk mengevakuasi fakta, (d) menyimak untuk mendapatkan inspirasi, (e) menyimak untuk mendapatkan hiburan, (f) menyimak untuk memperbaiki kemampuan berbicara (Universitas terbuka, 1985:21) berikut ini adalah jabaran dari masing-masing tujuan menyimak tersebut.

  1. Menyimak untuk mendapatkan faktaUntuk mendapatkan fakta, Anda dapat melakukan bermacam-macam cara.
  2. Menyimak untuk menganalisis fakta. Yang dimaksud dengan menganalisis fakta ialah menguraikan fakta atas unsur-unsur pemahaman secara menyeluruh. 
  3. Menyimak untuk mengevaluasi fakta Untuk mengevaluasi fakta, anda dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut.
  4. Menyimak untuk mendapatkan inspirasi. Istilah inspiratif sering digunakan sebagai alas an seseorang untuk melakukan kegiatan menyimak.
  5. Menyimak untuk mendapatkan hiburan. Hiburan dapat anda peroleh melalui menyimak, seperti menyimak lagu-lagu dari radio, rekaman tape recorder, televisi, rekaman VCD atau dapat juga melalui menyimak ceramah atau pidato.
  6. Menyimak untuk memperbaiki kemampuan berbicara. Kosakata hasil simakan seseorang akan berpengaruh terhadap kemampuan berbicaranya.
  7. Tujuan pembelajaran menyimak di SD. Telah anda ketahui beberapa tujuan menyimak secara umum dari uraian tersebut, anda dapat menyimpulkan dan menerapkannya untuk pembelajaran menyimak/ mendengarkan disekolah dasar (SD).


Agar  lebih jelas perhatikan  penjelasan berikut:

1) Melatih siswa menghargai orang lain

Sering kita temukan siswa atau orang atau mungkin anda sedang asyik berbicara, dengan  teman disebelah anda, padahal di tempat yang sama sedang ada guru atau orang lain yang berbicara.

2) Melatih siswa disiplin

Disiplin perlu ditumbuhkan sejak dini. Melalui pembelajaran menyimak hal itu dapat dilatihkan karena orang menyimak memerlukan konsentral untuk mencurahkan segala pikiran, perasaan, pengetahuan, pengalaman, dan sebagainya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3) Melatih siswa berpikir kritis

Berpikir kritis dapat digunakan untuk memperoleh informasi baru bagi siapa pun, demikian halnya dengan siswa.

4) Melatih siswa meningkatkan daya nalar

Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki siswa sering kurang dimanfaatkan secara maksimal baik oleh siswa itu sendiri maupun oleh guru.

5) Melatih siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara

Belajar berbahasa dimulai dengan menyimak. Mula-mula yang bersangkutan menyimak rangkaian bunyi bahasa dari lingkungan sekitar.

Semoga bermanfaat.